Selasa, 22 Agustus 2017

Cara Tepat Hilangkan Bau Asap Rokok di Rumah

Ruangan Penuh Asap Rokok

Bagi beberapa orang, terutama para perokok berat kebiasaan merokok adalah salah satu hal yang sangat sulit untuk dihilangkan. Padahal, dengan melakukan kebiasaan tersebut, orang-orang di sekitarnya akan merasa sangat terganggu. Tak hanya mengganggu, asap tersebut juga bisa memilliki dampak yang cukup besar bagi penurunan kualitas kesehatan orang-orang tersebut. Apalagi, jika salah satu anggota keluarga di rumah adalah perokok berat, rumah Anda pasti dipenuhi oleh bau dari asap rokok tersebut. Asap tersebut membuat rumah dipenuhi oleh udara yang tidak segar dan berbau asap yang mengganggu pernapasan.

Jelas, cara paling ampuh untuk menghilangkan asap rokok di dalam rumah adalah dengan menghindari hal tersebut dari awal. Namun, sebagaimanapun kita berusaha menghindari hal tersebut, mungkin saja terjadi kendala yang membuat asap tersebut tetap tinggal di dalam rumah. Misalnya karena kedatangan tamu yang merupakan perokok, atau karena hujan dan baunya jadi terperangkap di rumah. Tapi, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Karena ada beberapa hal yang dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap dan bau asap yang mengganggu di rumah.

Sirkulasi Udara

Cara paling mudah adalah dengan membuka jendela sebesar-besarnya dan membiarkan udara segar masuk ke dalam rumah dan mengganti asap rokok yang mengganggu di dalam rumah. Jaga selalu sirkulasi udara di dalam rumah agar udara tidak segar dapat tersirkulasi dengan baik. Jika jendela tidak rajin dibuka, maka rumah akan jadi terasa lebih pengap dan menyesakkan. Hindari juga merokok di dekat jendela atau pintu di mana udara masuk.

Kipas Angin

Bahkan jika dengan membuka jendela saja tidak cukup, mungkin Anda memerlukan bantuan dengan menyalakan kipas angin atau exhaust fan agar udara yang sudah tercemar di dalam rumah akan tersirkulasi dengan lebih cepat dan udara segar akan masuk ke dalam rumah.

Bersihkan Asbak

Hilangkan bau yang menempel dengan membersihkan asbak secara rutin. Rendam dengan menggunakan air hangat dan tambahkan sedikit sabun cair. Ulangi beberapa kali sampai bau benar-benar hilang. Dengan rutin membersihkan asbak, maka Anda akan menghalangi penyebaran bau asap tersebut.

Gunakan Bahan Dapur

Ternyata, ada beberapa bahan dapur yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam rumah. Gunakan bubuk soda kue atau cairan cuka putih yang diletakkan di dalam mangkuk. Biarkan bahan-bahan tersebut menyerap bau tidak sedap. Biarkan kurang lebih selama dua sampai tiga jam. Mangkok ini akan berfungsi dengan baik jika diletakkan di tempat sumber asap atau bau tidak sedap tersebut berasal. Rajinlah juga untuk mengganti soda kue dan cuka putih jika dirasa sudah tidak mampu lagi menyerap bau tidak sedap.

Rajin Mencuci

Beberapa benda di rumah seperti karpet dan sofa yang terbuat dari kain akan mudah menyerap udara, termasuk udara tidak sedap dan asap rokok di rumah. Karena itu, rajinlah mencuci karpet atau gorden Anda agar bau tersebut tidak menempel. Karena jika semakin lama bau tersebut menempel, akan semakin sulit untuk dihilangkan. Solusi untuk membersihkan sofa adalah dengan menaburi beberapa soda kue di sofa tersebut. Tunggu hingga sampai dua atau tiga jam. Kemudian bersihkan menggunakan vacuum cleaner.

Aromaterapi

Setelah udara yang tidak sedap dan membuat napas jadi sesak pergi, gunakan lilin aromaterapi atau pengharum ruangan untuk membuat kondisi udara di dalam rumah jadi lebih baik. Tapi jangan gunakan sebelum bau tersebut hilang karena baunya akan bercampur dan malah semakin membuat baunya tidak sedap.

Tidak ada komentar:
Write komentar