Kamis, 14 September 2017

Beragam Manfaat jeruk Nipis Yang Jarang Diketahui

Jeruk Nipis

Berbicara soal jeruk nipis tentu semua orang sudah mengenal dengan baik salah satu jenis jeruk ini. yaa, jeruk nipis merupakan varian jeruk berukuran kecil, berwarna hijau dan terkenal dengan rasanya yang masam, terlebih di kalangan ibu-ibu tentu sangat mengenal buah satu ini. karena buah jeruk nipis ini sangat sering dijadikan salah satu bumbu penambah rasa masam dalam masakan atau menghilangkan bau amis pada masakan jenis seafood. Tak hanya pada masakan saja ternyata buah jeruk nipis juga memiliki banyak sekali mafaat yang tentunya bisa kita rasakan.

Manusia memiliki tubuh yang terdiri dari 60% cairan, jadi tidak heran jika jeruk nipis sangat baik bagi tubuh manusia. Olehkarena itu manusia sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari, jika ingin lebih berasa maka Anda boleh mencampurnya dengan air jeruk nipis supaya Anda juga mendapatkan manfaat yang lebih dari air tersebut. Karena jeruk nipis merupakan sumber anti oksidan yang sangat baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Jeruk nipis juga memiliki banyak sekali manfaat lainnya, mulai untuk bumbu tambahan untuk masakan, untuk kesehatan, untuk kecantikan serta bermanfaat untuk mencuci piring yang berlemak atau berminyak. Ingin tau detail manfaat jeruk nipis asli? Berikut manfaat jeruk nipis asli, simak baik-baik yaa

1. Membantu penyembuhan penyakit pencernaan

Penyakit pencernaan yang masih tergolong ringan seperti diare dan sembelit sering dirasakan banyak orang dan banyak pula yang mengeluh karena sulit diatasi. Padahal Anda bisa mengobatinya menggunakan jeruk nipis dan tentunya dijamin manjur karena sudah banyak terbukti.

Caranya cukup mudah, peraslah air jeruk nipis lalu campurkan dengan air hangat lalu langsung minum. Konsumsilah air perasan jeruk nipis tersebut ketika Anda mengalami diare atau sembelit. Tak lama kemudian keluhan Anda tentang pencernaan akan hilang karena dalam jeruk nipis mengandung nutrisi yang sangat tinggi dan mampu menggerakkan usus sehingga buang air besar lancar.

2. Meningkatkan dayatahan tubuh

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sangat banyak sehingga dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin kesehatan tubuh akan selalu terjaga. Karena dengan mengkonsumsi makanan mengandung vitamin C tinggi maka akan sangat membantu mencegah penyakit masuk. Selain vitamin C jeruk nipis juga mengandung flavanoid yang berfungsi untuk membunuh virus-virus yang ingin menjangkiti tubuh Anda. Jadi kesimpulannya jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

3. Menyembuhkan batuk

Manfaat ketika ini tentu sudah bukan hal tabu bukan. Karena banyak sekali orang faham bahwa jeruk nipis hanya untuk menyembuhkan batuk. Jika Anda mengalami masalah batuk maka segeralah minum air perasan jeruk nipis yang dicampur madu, konsumilah secara rutin dua kali sehari hingga batuk Anda mereda.

4. Menghilangkan lemak pada piring

Sebagai tambahan, manfaat terakhir inilah yang sering digunakan oleh ibu-ibu di dapur, sudah sejak lama jeruk nipis dijadikan bahan dasar membuat sabun pencuci piring karena memang jeruk nipis membuat piring bersinar tanpa lemak tertinggal. Atas dasar itulah sunlight menjadikan jeruk nipis sebagai  bahan dasar membuat sabun pencuci piring.

Nah itulah manfaat jeruk nipis, bukan hanya untuk kesehatan tapi jeruk nipis juga ampuh untuk menghilangkan lemak pada piring kotor. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:
Write komentar