Sabtu, 28 Oktober 2017

Alasan Mengundurkan Diri Dari Perusahaan

Alasan Mengundurkan Diri Dari Kantor
Bagi seorang karyawan, keputusan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tentu sudah melewati berbagai proses pertimbangan.Apalagi mencari pekerjaan baru bukanlah perkara mudah dan karyawan belum tentu sudah menyiapkan sumber pemasukan cadangan. Butuh suatu alasan resign yang kuat bagi seorang karyawan hingga memutuskan untuk mengajukan pengunduran diri.Kalaupun pengunduran diri tak bisa dihindari, biasanya keputusan tersebut sudah merupakan keputusan yang bulat dan disebabkan oleh alasan-alasan yang logis dan tidak bisa dikesampingkan seperti alasan-alasan berikut ini misalnya.

Alasan Karyawan Mengajukan Resign

• Memiliki pekerjaan baru yang lebih baik

Kesibukan kerja yang terus bertambah namun tidak diiringi dengan peningkatan penghasilan bisa menjadi pemicu seorang karyawan mengundurkan diri. Setiap karyawan memang bertanggung jawab untuk melakukan pekerjaannya dengan sebaik-baiknya dalam rangka memajukan perusahaan. Tapi, apabila usaha memajukan perusahaan tersebut tidak diapresiasi oleh perusahaan, bisa jadi karyawan mulai melirik tempat kerja lain yang lebih menghargai karyawannya. Maka jangan heran jika adanya tawaran pekerjaan baru yang lebih baik menjadi salah satu alasan resign karyawan yang paling kuat. Sebagai seorang karyawan, tentu Anda harus memastikan bahwa pekerjaan baru ini memiliki penghasilan yang lebih baik daripada pekerjaan sebelumnya. Akan lebih baik lagi jika pekerjaan yang baru menawarkan beberapa keuntungan seperti jenjang karir yang jelas, tunjangan serta uang lembur dan bonus lainnya.

• Ingin memulai bisnis

Memulai bisnis di luar pekerjaan kantoran merupakan salah satu alasan resign yang paling banyak digunakan ketika seorang karyawan mengundurkan diri. Meskipun pekerjaan kantoran menjanjikan pemasukan yang teratur tiap bulannya, ada kalanya karyawan perlu mencari sumber pemasukan baru untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Bagi karyawan yang mampu dan memiliki waktu luang, biasanya menjadikan bisnis sebagai usaha sampingan. Namun, terkadang pekerjaan kantoran begitu menyita waktu sehingga bisnis pun terabaikan. Padahal membuka bisnis memerlukan dedikasi yang penuh agar berhasil layaknya pekerjaan kantoran. Belum lagi jika bisnis yang dijalankan memiliki peluang sukses lebih besar serta dianggap lebih menguntungkan daripada pekerjaan kantoran. Maka, tak mengherankan kalau banyak karyawan yang lebih memilih untuk melepas status karyawannya dan lebih memilih untuk memulai bisnis dan menjadi bos untuk dirinya sendiri. 

• Pekerjaan berdampak pada kesehatan

Tekanan kerja yang berlebihan serta jam kerja yang melebihi batas bisa memicu stres pada karyawan. Kondisi stres tentu akan mengganggu kinerja karyawan serta kesehatan mental dan fisik karyawan. Beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, permasalahan jantung, menurunnya kekebalan tubuh serta kelelahan yang berlebih merupakan penyakit yang sering muncul akibat tekanan kerja berlebihan. Apalagi jika penghasilan karyawan ternyata tak sebanding dengan risiko kesehatan yang harus ditanggung, tentu resign menjadi salah satu solusi yang harus diambil. Permasalahan kesehatan bisa menjadi alasan resign yang cukup kuat apalagi jika perusahaan tidak menanggung biaya pengobatan karyawan atau tidak memasukkan tunjangan kesehatan di dalam rincian gaji karyawan.

• Adanya permasalahan di dalam perusahaan

Alasan resign lainnya adalah adanya permasalahan antara karyawan dengan perusahaan atau permasalahan antara perusahaan dengan pihak lain yang mempengaruhi iklim kerja di perusahaan. Permasalahan seperti masalah legalitas, masalah keuangan maupun masalah kontrak bisnis yang berkepanjangan bisa mempengaruhi suasana kerja maupun mental karyawan. Terkadang demi menghindari terjerumus ke dalam lingkaran konflik, karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri sebelum menjadi korban dari permasalahan perusahaan. Kurangnya perhatian dari perusahaan seperti jarang diikutsertakan dalam rapat atau dalam pertemuan bisnis lainnya bisa menjadi sinyal bahwa perusahaan sudah tidak membutuhkan jasa Anda lagi. Hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa inilah saatnya Anda harus keluar dan mencari ladang penghasilan baru yang lebih menghargai keberadaan Anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar