Sunday, 17 December 2017

4 Pantai Keren di Pekalongan

Siapa sangka, selain memiliki kerajinan kain batik yang terkenal di dunia, Pekalongan ternyata juga memiliki keindahan alam khas Pantai Utara yang tidak banyak diketahui orang. Ya, kota kecil yang terletak sekitar 3 jam dari Semarang ini ternyata memiliki banyak surga wisata berupa pantai dan jarang terekspos media.

Pantai di Pekalongan

1. Pasir Kencana

Pasir Kencana - i1.wp.com
Terletak sekitar 4 km dari pusat kota, Pasir Kencana merupakan salah satu pantai di Pekalongan yang sering dipadati oleh wisatawan saat musim liburan tiba. Daya tarik pantai ini terletak pada deretan batu pembatas ombak, jembatan kanal, dan hamparan pasir bersih yang memesona. 

Saat senja, pemandangan di Pasir Kencana begitu indah. Panorama bulatan matahari yang perlahan masuk ke lautan akan membuat pengunjung berdecak kagum. Selain pemandangan, Pasir Kencana juga memiliki Wisata Bahari yang merupakan rumah bagi beberapa biota laut. Tempat ini mirip seperti Sea World di Jakarta dengan skala yang lebih kecil.

2. Slamaran

Slamaran - www.google.co.id
Tidak jauh dari Pasir Kencana terdapat Slamaran, sebuah pantai yang erat kaitannya dengan legenda Dewi Lanjar. Dewi Lanjar merupakan bawahan Nyi Roro Kidul Ratu Pantai Selatan yang bertugas menghuni dan menempati keraton di Pantai Pekalongan. Terlepas dari legenda tersebut, Slamaran memiliki daya tarik lain yang tidak kalah menarik.

Selain deretan batu penahan gelombang seperti yang ada di Pantai Pasir Kencana, Slamaran juga memiliki deretan rimbun cemara yang memesona. Pemandangan ini dilengkapi dengan hamparan pasir putih yang indah. 

Selain bermain di tepi pantai, pengunjung juga dapat menikmati senja dari Jembatan Slamaran yang legendaris. Dengan latar belakang langit berwarna merah, pengunjung dapat memancing di jembatan yang cantik tersebut.

3. Depok

Depok - www.wisatadanhotelmurah.com
Terletak di Desa Depok, Kabupaten Pekalongan pantai indah ini menawarkan panorama khas pantai utara Jawa yang mengagumkan. Sambil bermain di tepi pantai, Anda bisa mendengar deburan ombak yang tenang, suara gesekan daun kelapa yang tertiup angin, dan musik-musik alam lain yang memesona.

Meskipun bermain di pantai, pengunjung tidak akan merasa kepanasan. Pasalnya, di tepi Pantai Depok terdapat deretan pohon kelapa yang menjulang dan membuat pengalaman berlibur di pantai ini semakin sulit untuk dilupakan.

4. Wonokerto

Wonokerto - www.google.co.id
Meskipun tidak memiliki pemandangan seindah Slamaran atau Pasir Kencana, Pantai Wonokerto memiliki daya tariknya tersendiri. Di dekat pantai terdapat tempat pelelangan ikan. Semua ikan yang dijual di sini merupakan hasil tangkapan para nelayan lokal.

Jika tertarik, Anda bisa membeli beberapa ekor ikan segar, membakar, dan menikmatinya di tepi pantai bersama orang tercinta. Sambil menyantap hidangan buatan sendiri, Anda dapat menikmati pemandangan matahari tenggelam khas Pantai Wonokerto yang memesona.

Rute Menuju Pekalongan

Rute Menuju Pekalongan - google.maps.co.id
Jika tertarik berlibur ke Kota Batik ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus dan kereta api. Jika berada di luar Jawa, Anda bisa menggunakan pesawat atau kapal laut dan mendarat di Semarang. Dari Semarang, perjalanan bisa dilanjutkan dengan bus atau kereta.

Jika menggunakan kereta api, dari Jakarta Anda bisa menaiki semua kereta yang melewati Pekalongan. Tiket kereta api ke Pekalongan bisa dibeli secara online melalui website resmi KAI atau aplikasi traveling seperti Traveloka. Selain melalui aplikasi smartphone Anda juga bisa melalui PC atau laptop, kunjungi situsnya untuk pesan tiket kereta api.

Untuk yang berlibur dengan kendaraan pribadi, dari Jakarta Anda bisa mengambil rute menuju jalur Pantura.

Transportasi Ke Pantai-Pantai Pekalongan

Transportasi Ke Pantai-Pantai Pekalongan - pekalonganku.com
Bagi yang membawa kendaraan pribadi, pantai-pantai di Pekalongan cukup mudah untuk dijangkau. Hampir semua akses jalan menuju pantai tersebut sudah beraspal dan bisa dilewati berbagai kendaraan. 

Bagi Anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, ada dua pilihan transportasi yang bisa digunakan. Anda bisa menaiki ojek atau angkutan umum berupa mikrolet.

Tiket Masuk dan Jam Buka

Tiket Masuk dan Jam Buka - hargatiketmasuk.com
Harga rata-rata tiket masuk ke pantai-pantai di atas berkisar sekitar Rp30.000 sampai Rp25.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir atau biaya masuk ke wahana wisata lain seperti Wisata Bahari di Pantai Pasir Kencana. Untuk jam operasional, pantai-pantai di Pekalongan kebanyakan buka selama 24 jam dari hari Senin hingga Minggu.

Itulah beberapa Pantai Keren yang bisa dikunjungi saat Anda berlibur di Pekalongan. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi, terutama bagi yang menggunakan kereta api untuk berwisata ke Kota Batik tersebut. Selamat berlibur.

1 comment:
Write comments
  1. wah sepertinya saya suka ke poin yang nomor 2 deh, ke slamaran, liat pantai nya yang begitu menarik.. cocok buat traveling kesana akhir taun ini

    ReplyDelete