Sabtu, 09 Desember 2017

Trik Pangkas Budget Pernikahan di Bawah 15 Juta


Menggelar rangkaian pernikahan menjadi satu momen yang paling ditunggu setiap pasangan. Tetapi bukan berarti setiap pasangan memiliki budget yang lebih untuk melaksanakannya. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan membutuhkan budget yang banyak. Jika Anda sedang bingung karena budget yang pas–pasan, tidak usah khawatir karena juga bisa menyelenggarakan acara dengan biaya pernikahan yang pas dan tidak terlalu mengeluarkan banyak budget.

Berikut adalah trik memangkas biaya pernikahan di bawah 15 juta.

Memilih paket pernikahan

Jika masih bingung membagi biaya untuk hal yang dibutuhkan dalam pernikahan, seperti biaya tata rias, kostum, tenda pernikahan, catering, gedung, hingga souvenir, Anda bisa memilih paket pernikahan yang sudah menyediakan berbagai keperluan pernikahan secara lengkap. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu pusing membagi biaya dan dapat mencegah terjadinya biaya yang membengkak. Pilihlah paket pernikahan yang paling terjangkau dan sederhana tetapi sudah memenuhi apa yang Anda butuhkan untuk melangsungkan pernikahan.

Desain Undangan Tanpa Berlebihan

Kartu undangan memang satu hal yang dibutuhkan dalam pernikahan. Tamu mengetahui informasi berkenaan dengan pernikahan melalui undangan. Tetapi, walaupun kartu undangan ini penting, jangan terlalu banyak menghabiskan biaya dalam mendesain kartu undangan. 

Karena kartu ini biasanya akan dibuang orang setelah dipakai. Lebih baik pilihlah undangan yang sederhana dengan harga terjangkau, misalnya biaya 300 ribu untuk 100 ribu.

Undanglah Tamu Secukupnya

Kebanyakan orang berpikiran bahwa pesta pernikahan yang sakral adalah yang mengundang banyak tamu. Namun, pada dasarnya bukan dari jumlah tamu yang datang, melainkan bagaimana calon mempelai dan keluarga dapat memaknai arti pernikahan itu sendiri. 

Jika dalam paket pernikahan Anda belum menemukan paket yang sesuai maka undanglah orang–orang yang terdekat sebagai tamu agar biaya undangan serta catering bisa disesuaikan dan tidak membengkak. Kelebihan lainnya yaitu mempelai bisa merasakan kedekatan dengan tamu yang datang. 

Rumah Sebagai Tempat Akad dan Resepsi Sekaligus

Tidak perlu gedung yang mewah, rumah juga bisa menjadi lokasi pernikahan. Rumah bisa menjadi saksi momen terindah di hidup pasangan. Dengan memilih rumah sebagai lokasi acara digelar, maka dapat menghemat budget yang ada. 

Walaupun pernikahan dilaksanakan rumah, Anda bisa memperindahnya dengan jasa dekor. Pilih dekor yang tidak terlalu ramai, agar pernikahan bisa tetap terlihat elegan. Biaya dekor yang sederhana biasanya membutuhkan biaya 3 juta.

Ganti Katering dengan Masakan Rumahan

Cara menghemat budget dalam pernikahan lainnya yaitu dengan mengganti catering dengan masakan homemade atau rumahan. Karena masakan catering untuk beberapa orang mungkin terlalu mahal dan bisa menggantinya dengan yang lebih terjangkau. Sanak saudara dan tetangga bisa dijadikan sebagai koki dadakan untuk memasak. 

Beli bahan–bahan secara mandiri untuk menghemat biaya. Biasanya untuk porsi kurang lebih 50 orang, biaya yang harus dikeluarkan maksimal 2 juta. Siapkan pula 1 juta untuk biaya cadangan ketika jumlah tamu lebih dari yang diperkirakan.

Sewa Baju dan Tata Rias di Satu Tempat

Jika Anda ingin menghemat biaya, hindari untuk membuat kostum pernikahan karena akan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Terkadang untuk membuat kostum pernikahan saja membutuhkan budget lebih dari 10 juta. 

Lebih baik sewa kostum pernikahan dan tata rias di satu tempat yang sama agar lebih memudahkan dan tentu akan praktis. Untuk kostum pernikahan dan tata rias biasanya akan menghabiskan biaya 4 hingga 7 juta.

Itu dia beberapa cara untuk memangkas budget yang dibutuhkan dalam menggelar acara pernikahan. Sebaiknya pilihlah hal yang terpenting dalam mempersiapkan pernikahan agar acara akan terasa sakral dan tidak berlebihan.

Tidak ada komentar:
Write komentar