Tuesday, 20 February 2018

6 Lokasi Ruko yang Strategis untuk Meningkatkan Penjualan Anda

Ruko Strategis
Ruko atau rumah toko di Indonesia rata-rata berada di kawasan perkotaan atau “lahan basah”. Biasanya, rumah toko ini memiliki beberapa lantai. Di lantai bawah biasa dipakai sebagai tempat usaha, sementara pada lantai atas digunakan untuk tempat tinggal. Ketika Anda ingin menjadikan rumah toko untuk jualan barang, inilah 6 lokasi yang strategis.

1. Dekat dengan Pabrik

Mayoritas pabrik di Indonesia itu buka hingga 24 jam. Di kota, baik berkembang maupun maju, keberadaan pabrik sangat membantu usaha jualan di dalam rumah toko Anda. Kenapa? Soalnya rata-rata per pabriknya itu memiliki banyak karyawan. Sedangkan karyawan-karyawan itu tentu lebih memilih lokasi kontrakan terdekat dengan pabrik.

Bayangkan kalau Anda menjadikan rumah toko untuk investasi perdagangan sekaligus kontrakan. Setiap hari, penghuni kontrakan Anda secara otomatis membeli segala kebutuhan di lapak Anda. Belum lagi ketika jam-jam istirahat pabrik. Karyawan lain yang bekerja juga pasti banyak yang membeli keperluan di tempat Anda.

2. Dekat dengan Stasiun

Pilihan lain selain dekat dengan pabrik tentu ada, yakni letak rumah toko yang dekat dengan stasiun. Hampir seperti pabrik, setiap hari stasiun juga ramai dikunjungi oleh orang-orang. Mengapa membeli rumah toko di dekat stasiun sangat bagus? Faktanya harga barang-barang yang dijual di stasiun itu mahal-mahal.

Fakta tersebut bisa Anda manfaatkan sebaik mungkin. Misalnya dengan menjual berbagai keperluan barang di bawah standar harga di stasiun. Tapi tentu saja Anda harus saingan dengan lapak lainnya di dekat stasiun. Oleh karena itu, tawarkan sesuatu yang khusus. Jangan sekadar jual “sembako”, tetapi juga yang bisa dijadikan ikon. Misalnya “rumah buku”.

3. Angkutan Umum 24 Jam

Lokasi lain untuk ruko yang tidak kalah strategis adalah ketika berada di jalan yang biasa dilewati angkutan umum. Tentu tidak mungkin menyasar tempat biasa angkutan berhenti. Soalnya angkutan itu kebanyakan berhenti di pasar. Kalau Anda bisa membeli rumah toko yang berada di pasar juga bagus. Tapi jarang ada yang jual di sana, kecuali kepepet.

Di kota ada beberapa lokasi yang khusus sering disambangi oleh angkutan umum selama 24 jam. Salah satunya adalah perempatan. Bisa juga pertigaan dan dekat gang masuk. Hanya saja, gang tersebut bukan gang kecil yang sepi orang lewat. Ketika rumah toko Anda berada di lokasi demikian, maka hasil jualan pun lebih mudah alami peningkatan.

4. Dekat Bandara Internasional

Konsepnya sama dengan stasiun. Bandara juga menjadi salah satu tempat persinggahan yang kerap dikunjungi. Soalnya setiap hari ada saja yang pakai pesawat, entah untuk kerja atau sekadar jalan-jalan ke suatu tempat. Dengan membuka lapak di dekat bandara internasional dengan harga yang lebih murah, maka potensi dagangan laris itu tinggi.

Kalau bisa, investasikan pula rumah toko Anda jadi penginapan. Bisa untuk semalam atau dalam kurun waktu tertentu. Ketika suatu lahan dibangun sebuah bandara, tentu saja bangunan lainnya akan menyusul. Misalnya sekolah. Dengan menjadikan rumah toko sebagai indekos sekaligus lapak dagangan, potensi balik modal maupun laba pun terus mengalir.

5. Berada di Dekat Pemukiman Padat

Pemukiman padat itu identik dengan pemukiman umum. Bukan cluster atau sejenis perumahan elite lainnya. Dengan kata lain, pemukiman yang biasa dihuni kaum menengah ke bawah. Ruko yang dibeli berdekatan dengan pemukiman padat itu juga bagus. Ketika dipakai sebagai lapak dagangan, maka potensi labanya akan tinggi.

Penghuni pemukiman itu akan menjadi pelanggan setia Anda. Hanya saja, Anda harus banyak-banyak bersabar ketika banyak yang utang. Biarkan saja ketika mereka terpaksa utang. Toh, kebanyakan yang utang itu pasti akan balik dan melunasinya. Bahkan dengan dibolehkan utang, akan menjadi kredit laba Anda untuk ke depannya secara kontinyu.

6. Jalanan Kerap Dilewati Motor dan Mobil

Bagi rumah toko yang ada di kota, lokasi yang kerap dilewati motor dan mobil itu sering diburu. Potret itu menandakan kalau tempat tersebut memiliki akses transportasi yang lancar. Jangan lupa bikin POM mini di depan rumah toko Anda. POM mini itu bisa menjadi penanda rumah toko Anda. Bukan tidak mungkin yang mengisi bahan bakar itu mampir ke toko.

Ketika ada orang yang menyewa tempat Anda untuk dijadikan lokasi usaha sementara, bolehkan saja. Faktanya, pasti banyak yang berebutan. Asal tidak mengganggu penjualan Anda, tidak masalah, kan? Berikan tarif sewa yang standar saja. Kalau bisa, lebih rendah biar tempat Anda semakin dihargai oleh banyak orang.

Dibanding dipakai untuk kontrakan atau indekos, ruko lebih sering dijadikan sebagai tempat usaha. Contohnya sebagai lapak dagang seperti yang dibahas dalam artikel ini. Rumah toko yang berada di jantung kota juga sangat strategis. Soalnya dekat dengan akses publik apa pun. Oleh karena itu, sebelum benar-benar beli, pertimbangkan lokasinya dulu biar aman.

No comments:
Write comments