Thursday, 24 May 2018

Stimulasi untuk Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan Bayi 4 Bulan
Memaksimalkan perkembangan bayi 4 bulan adalah kewajiban orang tua. Stimulus yang diberikan oleh orang tua akan sangat berpengaruh pada perkembangan anak di segala usia. Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk mengetahui stimulasi seperti apa yang pas diberikan kepada anak di usia-usia tertentu.

Di setiap tahapan usia, anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Setiap anak memang memiliki tahap perkembangan yang tidak sama. Namun, bukan hal yang salah jika orang tua berusaha untuk membantu memaksimalkan perkembangan anak di setiap tahapan usia.

Stimulasi Perkembangan Bayi 4 Bulan

Berikut akan dibahas apa saja stimulasi perkembangan bayi usia 4 bulan yang bisa dilakukan oleh orang tua.

1. Kemampuan Motorik

Pada usia 4 bulan, anak akan mulai berguling. Anda bisa memberikan stimulasi dengan membebaskan anak bermain di lantai. Jangan membatasi gerakan anak agar dia bisa bebas tengkurap, menendang, serta berguling.

Duduk tanpa bantuan atau penyangga juga menjadi salah satu bentuk perkembangan bayi 4 bulan. Sebagai orang tua, stimulasi yang bisa diberikan adalah dengan mendudukkan anak Anda di lantai dengan dipangku. Anak juga bisa diberi sAndaran berupa bantal atau alat bantu lainnya.

Membiasakan anak duduk di lantai dengan penyangga akan membuat lambat laun anak menjadi semakin kuat untuk menyangga duduknya sendiri. Anda juga bisa memberikan stimulus berupa mainan di depan anak.

2. Kemampuan Kognitif

Pada usia 4 bulan, anak sudah waktunya untuk mempelajari hubungan sebab akibat. Stimulasi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan mainan kepada anak kemudian jika mainan itu jatuh Anda kembalikan lagi pada si anak. Jika mainan tersebut kembali dijatuhkan, lakukan lagi hal yang sama, Hal ini akan membantu anak memahami akibat dari apa yang ia lakukan. Kemudian, Anda bisa memberikan aneka jenis mainan kepada anak. Anak akan mulai mempelajari apa saja yang terjadi ketika dia bermain dengan beragam mainan. 

Kemudian, pada usia ini anak juga akan mulai memahami keberadaan benda. Stimulasi yang paling sederhana adalah dengan bermain cilukba. Permainan cilukba bisa mengajarkan pada si kecil konsep keberadaan seseorang.

Selain itu Anda juga bisa bermain dengan menyembunyikan mainan anak. Sembunyikan mainan di tempat yang mudah ditemukan oleh anak misalnya di bawah selimut.

3. Komunikasi

Usia 4 bulan adalah saatnya anak akan berceloteh. Anda bisa mengajak anak berbicara dengan kata-kata yang sederhana. Ajak anak berbicara sesering mungkin agar anak terbiasa mendengar kata dan terstimulus untuk mengucapkannya.

4. Sosial

Ketika anak di usia 4 bulan, anak akan mulai memperhatikan wajah-wajah orang di sekitarnya. Anak juga akan mengikuti ekspresi wajah dari orang-orang yang ada di dekatnya. Anda bisa memberikan stimulus dengan menempatkan cermin di hadapan anak agar dia bisa melihat diri sendiri.

Anak akan mengawasi dan mengenali wajah ibu dan ayahnya. Dengan bantuan cermin, anak juga bisa mengenali dirinya sendiri dengan baik.

Apapun stimulasi yang coba Anda berikan, Anda harus tahu bahwa anak memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Lakukan secara lembut dan perlahan tanpa adanya paksaan. Buat anak merasa senyaman mungkin di setiap tahap perkembangan yang ia lalui.

Sebagai orang tua, Anda menjadi orang yang paling tahu tentang perkembangan anak Anda. Intinya tetap biarkan anak Anda berkembang sesuai dengan usia dan kemampuan dirinya sendiri. Semoga informasi stimulasi perkembangan bayi 4 bulan di artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

No comments:
Write comments