Tuesday, 26 June 2018

Daftar Pantangan Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

Pantangan untuk ibu hamil, mitos atau fakta?
Ada beberapa hal yang menjadi pantangan ibu hamil dan harus sangat diperhatikan agar tidak terjadi gangguan apapun pada janin. Sebagai calon ibu, anda harus memiliki pengetahuan mengenai apa saja hal yang seharusnya tidak dilakukan agar kesehatan kandungan tetap terjaga dan janin bisa berkembang dengan baik.

Dari banyaknya pantangan yang dimiliki oleh ibu hamil, ternyata tidak semuanya benar. Maksudnya, ada beberapa jenis pantangan yang ternyata hanyalah sebuah mitos dan sayangnya masih tetap dipercaya hingga saat ini dan membuat para calon ibu menjadi salah paham.

Ketika hamil, memang bnear jika seorang wanita harus berhati-hati dalam bertindak dan memilih makanan yang dikonsumsi. Namun, anda juga harus paham apakah memang tindakan hati-hati anda benar untuk dilakukan ataukah hanya sebuah mitos. Bahkan mungkin ada sebuah pantangan yang ternyata sebuah mitos dan faktanya justru bisa berdampak positif bagi kandungan.

Fakta dan Mitos Pantangan Ibu Hamil

Agar ibu hamil bisa memilih dengan benar pantangan apa yang tidak seharusnya dilakukan, kali ini kita akan coba membahas fakta dan mitos pantangan pada ibu hamil.

1. Menghindari minum air es

Banyak yang percaya bahwa ibu hamil harus menghindari air es. Hal ini dikarenakan air es bisa menyebabkan kegemukan sehingga nanti janin akan memiliki berat badan berlebih. Hal tersebut tidaklah tepat dan hanya sebuah mitos.

Berat badan dipengaruhi oleh faktor genetik dan kondisi-kondisi lainnya seperti kebiasaan makan ibu. Yang harus dihindari adalah konsumsi air es dengan tambahan gula berlebih seperti sirup, minuman ringan, dan lain sebagainya yang menyebabkan penumpukan gula sintesis pada tubuh bayi.

2. Menghindari durian dan nanas

Aturan yang satu ini sudah sangat populer di kalangan ibu hamil. Buah nanas dan durian merupakan dua jenis buah yang sangat dihindari oleh para ibu hamil karena dua buah ini dinilai berbahaya untuk janin. Namun, sebenarnya tidak ada keterikatan khusus antara konsumsi nanas dan durian dengan kondisi janin.

Larangan memakan nanas dan durian pada dasarnya untuk mencegah munculnya perasaan mual pada sang ibu. Jika ibu merasa mual karena rasa yang kuat dari nanas dan durian lalu muntah maka dikhawatirkan ibu akan kekurangan banyak nutrisi dari makanan yang dimuntahkan.

3. Larangan makan ikan lele

Banyak yang berpendapat bahwa jika seorang ibu hamil memakan ikan lele maka anak yang dilahirkan nanti akan memiliki kepala yang besar. Hal ini merupakan sebuah kesalahan besar. Justru ikan lele memiliki kandungan gizi yang baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandung.

4. Pantangan menjahit

Ada sebuah pendapat yang mengatakan bahwa jika ibu hamil menjahit maka anak yang dikandung nantinya akan memiliki bibir sumbing. Hal ini merupakan sebuah mitos yang tidak seharusnya ditakuti oleh para ibu hamil. 

Bibir sumbing itu sendiri disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti pengaruh obat kimia yang dikonsumsi ibu hamil, faktor genetik, hingga efek dari radiasi. Jadi, tidak ada hubungannya dengan aktivitas ibu hamil yang melakukan kegiatan menjahit.

Sebagai ibu yang cerdas, anda harus pandai mencerna informasi mengenai pantangan yang perlu dihindari selama hamil. Jangan menelan mentah-mentah informasi yang disampaikan orang lain tanpa mencari tahu infomasi yang sesungguhnya yang sudah terbukti secara medis.

Jangan sampai karena terlalu banyak mematuhi pantangan selama hamil, anda justru menjadi terkekang dan merasa stres. Jadi, pastikan anda sudah mencari kepastian pantangan ibu hamil dari berbagai sumber yang terpercaya.

No comments:
Write comments