Tuesday, 5 June 2018

Pindah ke Ibukota, Apa Saja Pertimbangannya?

Fasilitas Apartemen di Tebet dan Apartemen di Bintaro
Kehidupan di kota kecil punya keunikan tersendiri. Tapi, potensi untuk kesempatan kerja yang lebih baik bisa memicu orang untuk meninggalkan kampung halaman dan pindah ke ibukota. Untuk membantu Anda menentukan apakah ini pilihan tepat, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda pertimbangkan sebelum pindah ke Jakarta.

Siapa yang Anda kenal?

Mengenal seseorang di tempat yang baru jadi satu hal yang penting. Ini bukan berarti Anda harus punya teman dekat atau orang yang sudah Anda kenal lama, orang-orang ini bisa saja teman dari teman atau kerabat jauh. Mengenal seseorang jadi cara untuk berdiskusi sebelum pindah ke lingkungan yang baru. Anda bisa membahas tentang lingkungan ideal seperti apa yang Anda cari, seperti apa lingkungan di ibukota, dan sebagainya.

Apakah Anda sudah siap?

Tentunya kehidupan di ibukota sangat menggiurkan, tapi bukan berarti gaya hidup ini tepat untuk Anda. Anda perlu bicara pada diri sendiri dan keluarga serta teman untuk membantu menentukan pilihan yang tepat. Tanyakan ke diri sendiri, apakah Anda siap untuk tinggal di ibukota? Apakah Anda bisa mentolerir kebisingannya? Apakah Anda siap untuk tinggal jauh dari kampung halaman? Berapa besar anggaran yang Anda butuhkan untuk tinggal di kota besar? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda punya pemahaman lebih baik tentang apakah pindah ke Jakarta jadi pilihan tepat untuk Anda.

Mencari tempat tinggal

Mencari apartemen baru jadi hal penting sebelum Anda pindah.  Anda perlu pastikan punya tempat untuk tinggal. Anda bisa pilih apartemen di Tebet, misalnya, bila Anda memang akan banyak beraktivitas di kawasan ini. Bergantung kondisi keuangan, Anda bisa pilih apartemen murah di Bintaro atau mencari roomate agar bisa berbagi biaya sewa dan tinggal di kawasan yang lebih baik.  Atau Anda perlu pindah ke pinggir kota karena faktor biaya atau kesulitan menemukan tempat yang sesuai. Pastikan Anda punya rencana cadangan untuk berjaga bila ada yang tidak berjalan sesuai harapan.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika menyewa apartemen di Jakarta, berikut ini beberapa tipsnya:
  • Lokasi. Seperti yang kita tahu, lalu lintas di Jakarta sangat padat. Di sini, kita tidak mengukur perjalanan berdasarkan jarak, tapi waktu. Sebaiknya pilih tempat tinggal yang paling dekat dengan tempat yang sering Anda kunjungi. Sebelum pindah ke tempat baru, cek google maps beberapa kali dalam sehari untuk melihat berapa lama waktu tempuh perjalanan.
  • Negosiasi harga. Kini semakin banyak apartemen bermunculan di Jakarta, sehingga ada lebih banyak pilihan untuk Anda. Anda bisa pilih yang sesuai dengan anggaran dan jangan ragu untuk bernegosiasi, Anda tak akan tahu kalau ternyata bisa mendapat harga yang lebih terjangkau.
  • Aturan pembayaran. Biasanya penyewa diminta membayar sewa untuk 12 bulan di depan. Tapi pemilik apartemen bisa bersikap fleksibel dalam hal ini. Anda bisa bernegosiasi agar bisa membayar 6 bulan di depan. Ada juga pemilik apartemen yang menerima sewa tiap bulan, meski masih jarang.
  • Pilih agen properti yang tepat. Tiap orang ingin meningkatkan pemasukan, yang berarti siapa saja bisa menjadi agen apartemen. Tak perlu kantor, pengalaman, atau pengetahuan. Dengan banyaknya agen, tingkat layanan bisa bervariasi. Anda juga perlu berhati-hati, mungin saja agen yang Anda pilih mengambil uang Anda dan hilang pergi. Sebaiknya gunakan jasa agen yang sudah dipercaya.
  • Tagihan. Selalu cari tahu pengeluaran bulanan sebelum menandatangani kontrak. Kebanyakan apartemen yang menyertakan service atau maintenance memasukkannya dalam harga sewa, tapi bila Anda tidak memeriksanya, Anda bisa menerima tagihan tak terduga. Pastikan Anda punya semua informasi dan dokumentasinya jelas.
  • Pilih serviced apartment. Bila Anda ingin bebas dari kerepotan, sebaiknya pilih serviced apartment. Keuntungan dari apartemen ini Anda mendapat jasa housekeeping, jadi Anda tak perlu buang waktu membersihkan unit Anda.

Anggaran untuk biaya hidup

Tinggal di Jakarta akan jauh lebih mahal dari perkiraan Anda, jadi Anda perlu buat rencana anggaran mingguan, bulanan, maupun tahunan. Anda perlu tahu berapa banyak dana yang Anda butuhkan untuk sewa apartemen dan pengeluaran lain. Kebanyakan kebutuhan ini bervariasi bergantung di area mana Anda tinggal.

Sebelum pindah, Anda bisa menghubungi teman, atau kerabat atau penghuni yang tinggal di lingkungan yang akan Anda tinggali untuk memperoleh gambaran realistis tentang berapa banyak uang yang akan Anda keluarkan untuk kebutuhan makan, gas, dan hiburan. Anda juga perlu ingat, di Jakarta ada banyak tempat yang membuat Anda menghabiskan lebih banyak uang seperti restoran, karaoke, serta tempat-tempat menarik lainnya.

Bersosialisasi

Menjalin pertemanan di kota yang sibuk bisa jadi hal sulit, terutama ketika orang jarang melakukan kontak mata dengan orang asing, apalagi bertegur sama saat berpapasan. Tapi jangan ragu untuk berbaur dan memperoleh banyak teman, keluar dari apartemen Anda dan temui orang-orang baru.

Bergabunglah di organisasi yang memungkinkan Anda bertemu orang baru dengan minat yang sama. Misalnya, Anda bisa bergabung di komunitas olahraga, mengikuti kelas yoga, atau menjadi sukarelawan di acara amal. Datangi tempat bermain bilyar dan tantang orang di sana untuk bermain bersama Anda, atau buatkan makanan dan antarkan ke tetangga sebelah Anda.

No comments:
Write comments