Monday, 27 August 2018

5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung Kita
Perubahan kecil dalam kebiasaan-kebiasaan sehari-hari yang Anda jalani sebenarnya sangat berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung. Yang terkadang Anda lupakan adalah jantung adalah organ tubuh yang bekerja terus menerus tanpa istirahat seumur hidup Anda. Karena itulah usahakan untuk selalu menjaga kesehatan jantung supaya jantung Anda bisa terus bekerja dengan normal dan sehat.

Banyak sekali hal yang dapat menjaga kesehatan jantung Anda, mulai dari menjaga berat badan yang ideal, melakukan kegiatan fisik atau bahkan memakan makanan tertentu yang membuat jantung menjadi lebih sehat.  Supaya lebih jelas dan gamblang pada artikel ini saya akan membahas satu persatu hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung, simak baik-baik ya:

1. Kurangi konsumsi lemak jenuh

Lemak jenuh dan lemak trans berperan besar dalam pembentukan kolesterol yang berlebih dalam darah. Kolesterol yang menumpuk dalam darah akan mengakibatkan penyumbatan dalam pembuluh arteri jantung, sehingga akan membahayakan aliran darah. Karena itulah Anda harus membatasi keika ingin mengkonsumsi lemak jenuh dari daging merah, produk susu serta makanan yang digoreng.

2. Waktu istirahat yang cukup

Ketika seseorang memiliki waktu istirahat yang cukup maka kondisi arteri  akan semakin baik, berbeda dengan orang yang waktu istirahatnya tidak jelas dan kurang maka arterinya tentu akan berkebalikan dengan waktu istirahatnya cukup. Sebab jika arteri semakin baik kondisinya maka jantung pun akan terhindar dari penyakit.

3. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi dapat merusak dinding arteri dan menimbulkan jaringan parut, jika hal ini terjadi maka darah dan oksigen akan lebih sulit untuk mengalir dari hati atau menuju hati sehingga jantung harus bekerja lebih keras supaya tubuh tidak kekurangan oksigen. Jika hal ini berkelanjutan maka tenaga jantung akan cepat habis yang mengakibatkan bisa berhenti sewaktu-waktu.

4. Meninggalkan rokok

Langkah keempat ini bisa dibilang paling baik jika Anda ingin terhindar dari penyakit jantung, merokok adalah penyebab terbesar seseorang terjangkit penyakit jantung karena dalam rokok terkandung banyak sekali zat yang akan membahayakan tubuh Anda. Jadi dengan tidak merokok akan mengurangi prosentase terkena penyakit jantung.

5. Rutin berolahraga

Hal yang terakhir adalah olahraga yang rutin, ketika tubuh secara rutin melakukan olahraga tentu akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Minimal Anda menyisihkan waktu 30 menit dalam sehari untuk olahraga maka jantung akan terus sehat karena setiap hari badan Anda melakukan gerakan olahraga secara rutin

Nah itulah 5 cara kongkret jika ingin jantung Anda selalu sehat terhindar dari segala macam penyakit, hal yang sangat saya sarankan adalah untuk mneinggalkan rokok, selain menjaga kesehatan tubuh Anda, dengan tidak merokok Anda juga membuat orang-orang disekitar Anda terbebas dari asap rokok yang juga berpotensi mengakibatkan seseorang terkena penyakit jantung atau paru-paru. Rutin-rutinlah melakukan saran di atas supaya terhindar dari penyakit jantung. 

No comments:
Write comments