Monday, 27 August 2018

Alasan Banyak Muncul Investasi Asing di Indonesia

Alasan banyak muncul investasi asing di Indonesia
Investasi asing di Indonesia bukan lagi hal yang asing untuk ditemukan. Indonesia terdiri dari banyak sekali wilayah dan setiap wilayah memiliki potensi untuk dijadikan sebagai lokasi dilakukannya investasi asing. Hal ini sebenarnya bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia namun juga bisa memberikan dampak negatif jika tidak disikapi dengan cara yang benar.

Bentuk investasi asing yang bisa kita temukan di Indonesia sangat beragam. Secara garis besar, sebagian besar investasi asing yang ada di Indonesia dilakukan di beberapa bidang yaitu pembangunan, tambang, pariwisata, transportasi, dan produk. Setiap sektor disesuaikan dengan potensi yang dimiliki masing-masing wilayah di Indonesia. 

Namun, pernahkah anda bertanya apa sebenarnya yang menyebabkan Indonesia menjadi pilihan lokasi dilakukannya berbagai jenis investasi asing? Kali ini kita akan membahas alasan-alasan yang membuat Indonesia dijadikan sebagai lokasi untuk melakukan investasi asing oleh para investor dari berbagai negara.

Alasan-Alasan Investasi Asing di Indonesia
Investasi asing dilakukan di Indonesia bukan karena tanpa alasan. Inilah dia beberapa alasan mengapa investasi asing di berbagai bidang industri dilakukan di Indonesia :

1. Kaya Sumber Daya Alam

Kita semua tahu bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah. Hal ini menjadi salah satu alasan investor asing melakukan investasi di Indonesia. Banyak sekali sumber daya alam di Indonesia yang bisa dimanfaatkan bahkan tak sedikit yang belum terjamah oleh tangan manusia.

2. Demografi

Faktor demografi juga ikut berpengaruh pada keputusan investor asing untuk berinvestasi di Indonesia. Indonesia memiliki penduduk dengan jumlah yang besar dan didominasi oleh penduduk dengan usia produktif yang terampil dan siap untuk memasuki dunia kerja. Hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi perusahaan yang akan berinvestasi di Indonesia.

3. Peran Indonesia secara Global

Negara kita, Indonesia, memiliki hubungan internasional yang baik dengan negara-negara lain di dunia. Indonesia bisa dibilang sangat aktif membangun hubungan kerjasama antarnegara. Hal ini juga menjadi faktor yang sangat dipertimbangkan para investor asing sebelum akhirnya memutuskan untuk berinvestasi di Indonesia.

4. Stabilitas Politik

Indonesia memiliki peningkatan yang sangat baik dari sektor politik. Stabilitas politik di Indonesia terus berkembang menjadi semakin baik dari waktu ke waktu. Karena Indonesia terus berusaha untuk memperbaiki diri agar mendapat stablitas politik yang mantap maka tak sedikit investor asing yang tertarik melakukan investasi di Indonesia.

5. Kondisi Perekonomian

Meskipun belum bisa dibilang sempurna, namun kondisi perekonomian di Indonesia terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Indonesia terus berusaha untuk memperkuat kondisi perekonomian negara dan hal ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak investor asing datang ingin berinvestasi.

6. Wilayah Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara yang sangat luas. Tidak sulit untuk menemukan lokasi yang tepat untuk berinvestasi di Indonesia. Investor asing bisa memilih lokasi dengan potensi yang paling sesuai dengan bidang investasi yang akan dilakukan. 

Selain memiliki wilayah yang luas, setiap wilayah di Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat beragam. Hal ini tentu tidak ingin disia-siakan begitu saja oleh para investor asing. 

Itulah tadi beberapa alasan mengapa Indonesia banyak dipilih sebagai lokasi untuk melakukan investasi asing. Semua kelebihan yang dimiliki Indonesia sepertinya memang bisa dijadikan sebagai alasan yang menarik para investor asing untuk berinvestasi di berbagai bidang. Sebagai warga negara Indonesia maka sudah menjadi tugas kita untuk menyikapi kondisi ini dengan cara yang positif. 

No comments:
Write comments